Minggu, 12 Agustus 2012

#ComicTips: Demam Panggung

setelah gua obrak abrik google buat nyari tips-tips tentang STAND UP COMEDY, eh akhirnya ketemu juga. nama blognya COMIC KOMAT KAMIT rintisan dari Ernest Prakasa (jebolan Stand UP Comedy Indonesia S1 Kompas TV). kali ini gua mau posting salah satu postingan dari blog tsb (sorry yah copas hehe pisss) yg berguna buat stand up comedian/comic amatiran seperti gua ataupun yg baru masuk ke dunia stand up comedy :). langsung aja ya :) slamat menikmati :)


Salah satu pertanyaan yang paling sering gue dapetin dari temen-temen adalah, “Gimana sih caranya supaya nggak demam panggung?”. Mungkin lo juga nanyain hal yang sama. Yuk ah kita bahas.
Pertama-tama, coba kita teliti KENAPA orang bisa gugup saat naik ke atas panggung. Untuk segelintir orang, mungkin penyebabnya adalah faktor psikologis yang memang butuh terapi serius. Tapi untuk sebagian besar orang termasuk gue sendiri, sebenernya yang bikin kita gugup itu adalah: FEAR OF THE UNKNOWN. Rasa takut terhadap kemungkinan-kemungkinan buruk yang MUNGKIN terjadi. Padahal itu tuh baru mungkin lho, belum tentu juga kejadian. Tapi memang, seberapa senior pun seorang comic, panggung adalah sebuah tempat yang ajaib. Selalu ada beragam kekhawatiran yang mampir, misalnya:
- “Aduh gue nyiapin materi agak berat nih hari ini, pada ngerti ga ya?”
- “Waktu terakhir gue stand-up disini, mati lampu! Semoga ngga kejadian lagi”
- “Daritadi comic-comic yang lain udah pada kill semua. Penonton udah cape blom ya?”
Dan lain sebagainya, numpuk jadi satu.
Gugup adalah akumulasi kekhawatiran. 
Semakin banyak hal-hal yang kita khawatirkan, kegugupan akan semakin melanda. Sebaliknya, semakin sedikit kita khawatir, semakin santai. Memang, di atas panggung, apapun bisa terjadi. Things don’t always go according to plan. Tapi kita bisa membuat diri kita menjadi lebih tenang, yakni dengan cara meminimalisir resiko. Ingat hal ini:
When you’re on stage, you can’t control everything that’s going on. But there are things you CAN, and MUST control.
Ini adalah langkah pertama untuk mengatasi demam panggung. Kita perlu sadar bahwa ada hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan, dan ada hal-hal yang bisa kita kendalikan. Untuk hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan, ya pasrah saja. Apakah kita bisa mengendalikan respon penonton? Apakah kita bisa mengendalikan cuaca? Apakah kita bisa mengendalikan gangguan listrik? Tentu nggak. Mengkhawatirkan hal-hal kayak gini tuh percuma, karena walaupun itu betul-betul kejadian, kita juga nggak akan sanggup mencegahnya.
Tapi ingat, ada hal-hal yang lebih penting. Dan hal-hal ini BISA kita kendalikan. Dan ini adalah langkah kedua dalam proses mengatasi demam panggung:
Pastiin lo udah betul-betul SIAP untuk tampil.
“Siap” gimana maksudnya? Paling nggak, sebelum naik panggung elo udah:
- Mastiin materi mana aja yang mau dipake
- Ngehafal mati urutan dari materi-materi tersebut
- Ngetes act-out yang mau dipake (kalo memang ada act-out)
- Meriksa kayak apa panggungnya (layout tempat duduk penonton, letak speaker, ada atau nggak monitor di atas panggung, dan lain-lain).
Kesannya simpel banget, tapi faktanya banyak comic yang naik ke panggung tanpa mastiin bahwa mereka udah bisa mengendalikan secara penuh poin-poin diatas. Banyak yang ngegampangin, dan memilih untuk bilang sama diri sendiri, “Ah, gimana ntar aja lah”.
“Gimana ntar ajalah” = Bibit bencana.
Naik ke panggung dengan mindset begini akan beresiko karena kitanya sendiri nggak mantep. Jangan heran kalo nanti pas satu dua bit di awal nggak kemakan penonton, mendadak langsung blank. Percaya deh:
Semakin kita yakin kita udah siap, gugup akan semakin berkurang.
Makanya, sebelum naik panggung, persiapan harus serius. Latian yang giat sampe ngelotok. Supaya makin mantep, tungguin #ComicTips berikutnya yang bakal ngebahas tentang cara latian yang ideal.
Thanks for reading, semoga berguna.
Cheers,
@ernestprakasa.

0 komentar:

Poskan Komentar